Lestarini D. Sumotenodjo

Lestarini D. Sumotenodjo, lahir di Jakarta, 1 Mei 1973. Menamatkan sekolah di Jakarta. Saat ini mengajar di SMPN 146, Jl. Balai Rakyat, Ujung Menteng, Cakung, J...

Selengkapnya
BELAJAR DENGAN DONGENG

BELAJAR DENGAN DONGENG

Dongeng merupakan media yang sangat efektif dan kreatif untuk menanamkan nilai-nilai budi pekerti pada anak. Dengan dongeng kita bisa menumbuhkan rasa simpati dan empati pada hati setiap anak. Melalui dongeng pesan moral lebih mudah tersampaikan

Dari sekian banyak cara penyampaian pembelajaran, dongeng ternyata tak kalah menariknya. Bahkan bisa jadi jika kita pandai mendongeng maka anak akan lebih memilih dongeng dari cara yang lainnya.

Sebagai seorang guru dan juga orang tua, mendongeng bisa menjadi aktivitas berkomunikasi yang efektif dengan anak dan siswa.

Kegiatan mendongeng juga akan menumbuhkan rasa cinta anak pada buku. Dongeng juga bisa berpengaruh pada perkembangan fisik, intelektual, dan mental anak.

Berikut adalah beberapa manfaat lain dari dongeng bagi anak.

1. Sebagai media penanaman nilai dan etika.
2. Memperkenalkan bentuk emosi
3. Mempererat ikatan batin
4. Memperluas kosa kata
5. Merangsang daya imajinasi

Nah untuk guru dan orang tua, ayo kita kembangkan budaya dongeng untuk anak dan para siswa tercinta.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali